NOAH Perahu Baru Ariel Dkk

Saturday, 04 August 2012 Image

Para personel band NOAH berfoto bersama Produser Musica Indrawati Widjaja (tiga dari kiri) dalam acara buka bersama di Jakarta, Kamis (2/8).

Setelah menunggu dua tahun, band Peterpan akhirnya berubah nama menjadi NOAH Band. Perahu baru Ariel dan bandnya ini menandai berlanjutnya karier mereka. Band asal Bandung yang baru saja bersatu lagi,setelah sang vokalis,Ariel,bebas dari hukuman penjara ini juga langsung merilis single baru bertajuk Separuh Aku. “Sebuah kekuatan telah mempertemukan kami satu per satu,dengan cara yang tidak bisa diterka oleh siapapun. Bersama Uki,Lukman, Reza,dan David.

Kami telah sampai di persimpangan dari setengah perjalanan dan kami masih berkumpul dan kami akan meneruskan perjalanan ini,”kata Ariel saat jumpa pers di Jakarta,Kamis (2/8). Munculnya identitas baru tersebut dilatarbelakangi mundurnya Indra dan Andika dari Peterpan pada 2007 dan praktis hanya menyisakan empat orang.Dengan formasi Ariel,Uki,Lukman,dan Reza, mereka sempat mengeluarkan double album“Sebuah Nama Sebuah Cerita”pada 2008.

Album tersebut kemudian menjadi tanda perpisahan bahwa kuartet Ariel,Uki,Lukman, dan Reza tidak akan menggunakan nama Peterpan lagi di album berikutnya. Hingga pada 2010 mereka hendak merilis album baru menggunakan nama baru pula, namun Ariel terlibat kasus hukum dan harus menghabiskan waktunya selama dua tahun di dalam jeruji besi Kebon Waru,Bandung.

Mereka berlima akhirnya sepakat memilih nama NOAH sebagai identitas baru,sebuah nama baru yang mereka pilih menjadi penanda identitas, nama besar,dan eksistensi dalam industri musik Tanah Air. Ariel mengakui pernah berencana merilis nama baru bersamaan dengan album barunya.Namun,setelah rapat bersama label dan pihak lain, mereka memilih mengumumkan nama NOAH terlebih dulu sebelum merilis album.

“ Sebenarnya ini hasil rapat besar.Dua tahun yang lalu kita sepakat nama akan diannouncesaat launchingalbum. Kenapa harus kita kasih tahu sekarang karena memang strategi satu per satu ini memang bagus,jadi nanti pas launchingfokus buat album saja,”ujar dia kepada harian SINDO. Musikus kelahiran 16 September 1981 tersebut menuturkan, keputusan meluncurkan nama baru pada kesempatan ini dirasa paling tepat sehingga mereka berlima bisa fokus meluncurkan buku dan album saja nantinya.

Nama NOAH dipilih karena memang mudah didengar dan diingat.Dalam nama tersebut Ariel dan teman-temannya juga merasakan ada semangat baru dalam bermusik ke depannya. Selain menyimpan harapan, nama tersebut juga tidak menutup kemungkinan memberikan peluang bagi mereka untuk menyuguhkan cara bermusik yang baru. “Ke depannya kita ingin menawarkan musik atau lagu,aransemen,dan teknik vokal,mungkin yang belum dinyanyiin oleh kita sebelumnya.

Tentunya kita juga ingin menawarkan suatu semangat baru dalam bermusik,”kata Ariel. Ariel menambahkan, untuk makna nama sendiri tidak terlalu ke arah sana. “Saya pribadi mendengar nama itu memang lebih simpel dan dengan musik kami itu tidak berlebihan.Nama NOAH kalau sambil dengar musik kami,mungkin jadi kayak satu warna,”tutur Ariel. Para personel sempat dipusingkan dengan 3 kandidat nama yang ada,namun nama NOAH akhirnya dipilih karena terasa sederhana dan bermakna bagus.

Adapun sang gitaris,Uki menambahkan,dirinya semakin yakin nama itu cocok dengan kiprah bandnya setelah mencari maknanya di dalam kamus.“Ada tiga artinya,comforter( pembuat nyaman),peaceful, dan long life.Saya merasa ketiganya ada di kita,”ujar Uki. Setelah memperkenalkan nama baru,para personel yang terdiri atas Ariel (vokal),Uki (gitar),Lukman (gitar),David (keyboard),dan Reza (drum) merilis single berjudul Separuh Akuyang kemarin diputar serentak di 200 radio di Indonesia. thomasmanggalla

Tidak ada komentar:

Posting Komentar